Taman Wisata Selorejo, Panorama Indah dan Medan Petualangan, Malang-Jatim

TAMAN Wisata Selorejo merupakan salah satu bendungan di daerah Kabupaten Malang Jawa Timur yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta I. Keindahan bendungan yang dikelilingi oleh perbukitan dan gunung Anjasmoro, gunung Kelud, serta gunung Kawi menambahkan kesejukan udara yang dapat dirasakan. Suhu yang sejuk 22 Celcius membuat orang betah disana. Sepanjang perjalanan menuju ke Taman Wisata Selorejo, Anda akan disuguhi sekian banyak panorama alam yang begitu indah dan mempesona, sekaligus tantangan menapaki jalanan naik-turun yang berliku-liku. Keadaan seperti itu dialami dari titik mana pun Anda bertolak, baik lewat Malang-Batu, Kediri-Pare, Jombang-Pare, maupun Blitar-Wlingi. Namun, perjalanan yang bisa disebut menyerempet "petualangan" itu segera berakhir begitu Anda memasuki kompleks wisata Waduk Selorejo.

Istirahatlah di lokasi "pasar makanan" yang didominasi berbagai jenis ikan goreng dan bakar. Pilih warung yang berlokasi di pinggir waduk, dan Anda bisa sepuas-puasnya menatap panorama indah di atas air

sampai menembus desa-desa di seberang sana. Jembatan gantung di Taman Wisata Selorejo menjadi sarana untuk menghubungkan kolam renang dengan taman wisata. Bagi mereka yang mempunyai hobi jalan sehat, jembatan gantung merupakan jalur jogging track di sepanjang sisi waduk. Keliling Taman Wisata Selorejo menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan waduk Selorejo dengan menggunakan sarana perahu mesin maupun perahu dayung.

Cara Mencapai Daerah Ini Anda dapat mencapai taman wisata ini baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Anda dapat mencapainya melalui beberapa jalur, yaitu jalur Malang-Batu-Selorejo, Kediri-Pare-Selorejo, Jombang-Pare-Selorejo, maupun Blitar-Wlingi-Selorejo.

Tempat Menginap Cottage yang terletak di pinggir bendungan dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menginap di areal taman wisata ini. Cottage ini memiliki daya tarik tersendiri, dimana pemandangan waduk alam akan terlihat yang diiringi dengan kicauan burung yang akan menghiasi suasana pagi.

Tempat Bersantap Nikmati kerenyahan makanan lokal khas warung dalam taman wisata yang mahir menggoreng ikan nila, mujair, dan ikan tombro. Konon, kelezatan nila goreng dan mujair bakarnya tak tertandingi dengan restoran manapun.

Berkeliling Anda dapat mengelilingi taman wisata ini dengan berjalan kaki.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan

  • Berperahu mengelilingi waduk.
  • Kolam renang, tiga ban lapangan tenis, lapangan sepak bola, padang golf sembilan hole, arena sepeda gunung, sampai joging dan jalan kaki.
  • Bagi pengunjung yang gemar buah-buahan bisa singgah di Pulau Jambu, di sebuah "tanjung" waduk, merupakan "hutan" jambu biji. Hanya dengan membayar Rp.1000 Anda sudah bisa menikmati Jambu biji sepuas-puasnya. Apabila Anda ingin membawanya pulang, maka akan dikenakan lagi biaya sebesar Rp.2000/10 buah.

Buah Tangan Di dalam areal taman wisata ini banyak terdapat kios-kios cinderamata yang menjual beraneka macam cinderamata. Anda dapat membeli cinderamata di kios-kios tersebut

Tips

  • Dalam perjalanan menuju Selorejo sebaiknya Anda mengemudikan kendaraan secara santai, sebab banyaknya tikungan yang harus dilewati bisa membuat perut mual.
  • Bagi maniak durian, datanglah ke Selorejo bertepatan dengan musim buah tersebut. Durian asal Ngantang bukan saja terkenal di Malang, tetapi juga di kota-kota lain di Jatim.
  • Perahu dayung bisa disewa Rp 40.000 per jam, dan perahu bermotor sekitar Rp 60.000 per jam

0 komentar:

Poskan Komentar