Pulau Sempu

Berangkat pada malam hari dari Surabaya dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam hingga empat jam untuk mencapai kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang. Perjalanan pada malam hari jelas lebih menghemat waktu, karena jalanan sepi. Selepas Kota Malang dan melewati Kepanjen, jalan tidak terlalu lebar, dan mulai banyak daerah perladangan, serta sesekali melewati pedesaan yang tidak terlalu besar. Apalagi jika perjalanan pada malam hari bertepatan dengan bulan purnama akan lebih memberikan kesan keindahan tersendiri. Mendekati Sendangbiru jalanan agak menyempit dan kemudian jalan aspal habis tepat di Pantai Sendangbiru. Jika membawa kendaraan sendiri bisa memarkirnya di pantai itu dan langsung membuka tenda di kawasan pantai yang penuh dengan perahu-perahu cadik kecil, perahu penumpang bermotor, dan kapal-kapal penangkap ikan. Dari Pantai sendang biru kita bisa menyewa kapal seharga 40rb (pulang-pergi) untuk menyeberangkan ke Pulau Sempu dengan kapasitas maksimal 15 orang. Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di Segara Anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudidayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang. Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas, laut Selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar.

Pantai Segara Anakan
Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.
lubang tempat air laut masuk ke Segara Anakan
Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang di bawa sendiri. Di samping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing-tebing raksasa, sangat indah memang.
dinding karang raksasa yang terkikis air laut
TIPS & TRICK : Berhemat : Jika uang mepet dan ingin pergi ke Sempu sebaiknya berangkat sore hari sekitar pukul 5 sore, diperkirakan memasuki kawasan Sendang Biru malam jam 21.00 di mana penjaga loket sudah kosong (otomatis gak bayar tiket masuk hehe). Dulu ijin ke Pos Penjaga untuk menyeberang ke pulau Sempu murah, cuma Rp. 500 - Rp. 1000 Perak perorang. Sekarang masuk ke Pulau Sempu agak ketat, banyak peraturan di Pos Penjagaan dengan dalih Pulau Sempu adalah cagar alam, gak boleh dibuat camping kecuali penelitian, takut kotor. Namun semua itu bisa ditebus dengan membeli ijin masuk ber-materai yang besarnya sekitar 15-20 rb perorang. Naik angkot : Surabaya-Arjosari (Bus) --> Arjosari-Gadang (Angkot) --> Gadang-Turen (Angkot), Turen-Sendang Biru (Colt) --> Sendang Biru-Sempu (Perahu). note: - kalau orang lebih dari 10 orang, mending carter colt dari gadang/arjosari langsung ke Sendangbiru, akan lebih efisien di waktu dan tenaga, beda uang tipis aja. sekitar 150rb-200 sewanya. - biasanya sih nyebrang pake kapalnya 'Pak Anuari' Salah satu nelayan ikan yang cukup dikenal di daerah situ. Tinggal tanya penduduk setempat. Survive sambil menikmati alam : Disarankan membawa syrup/nutrisari/norit. Norit untuk menetralisir racun dalam air, syrup/nutrisari sebagai penambah glukosa untuk stamina tubuh. Menurut pengalaman dulu di Pulau Sempu sempat kehabisan air padahal masih ada 1 malam satu-satunya cara harus survival. - Tebing2 di Pulau Sempu meneteskan air tawar murni yang berasal dari akar tanaman yang tumbuh diatasnya, bisa ditampung di botol Aqua (hati-hati dicuri kera). - PAL ke 13 belok kiri (dari arah segara anakan) ada kubangan sumber air, biasanya hewan kecil-kecil berkumpul di situ untuk minum, air diendapkan dahulu beberapa saat sampai kotoran mengendap kemudian bisa direbus atau diminum langsung setelah dinetralisir. Saat musim penghujan air berbau/berasa tanah. - Botol Aqua besar yang kosong dapat dimanfaatkan menjadi pelampung tangan saat berenang di Segara Anakan di daerah yang agak dalam. Karena semakin ke tengah kondisi bawah laut semakin bagus, penuh dengan ratusan gerombolan ikan terbang kadang menabrak kaki-kaki kita saat mengayuh dan karang-karang berwarna-warni. Wisata : Di Pulau Sempu ada 3 tempat (setahuku) yang biasa dikunjungi yakni - Segara Anakan (sudah diulas diatas) - Waru-waru Pantai kecil di pinggiran pesisir Pulau sempu (buat ngecamp dll) berhadapan dengan pulau Jawa) - Telaga Lele, sumber air tawar bagi para 'tukang mancing' Hidup nikmat : Kalo pingin hidup enak di Sempu peralatan ini musti wajib dibawa : senter/api trus ransum, obat, parang/pisau, tikar, jas hujan, plus rokok, kartu, catur dll untuk menghabiskan waktu nyantai-nyantai dan jangan lupa peralatan memasak dan makanan. Salam petawisata, jangan lupa.. jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan nomor satu.

0 komentar:

Posting Komentar