Menyusuri Sungai Musi, Palembang

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Palembang tanpa menyusuri sungai yang sangat terkenal itu. Ya.. Sungai Musi. Sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat Palembang. Perjalanan menyusuri Sungai Musi merupakan hal yang wajib dilakukan bagi wisatawan yang ingin tahu bagaimana suasana Palembang yang sebenarnya.

Di sepanjang sungai Musi, kita dapat menemukan beberapa objek wisata yang menjadi kebanggaan juga untuk masyarakat Palembang. Sungai ini masih menjadi andalah masyarakat Palembang dalam hal transportasi air. Dapat dilihat dari banyaknya perahu (taksi) motor yang mondar-mandir membawa penumpang yang ingin menyeberang.

Cara Mencapai Daerah Ini

Untuk menuju sungai musi, anda dapat menggunakan angkutan kota (angkot) dengan jurusan Ampera atau pasar 16 Ilir, tarifnya sekitar Rp.1.500 " Rp.5.000 tergantung dari mana anda naik. Atau anda juga dapat menggunakan becak palembang, dengan tarif sekitar Rp.5000,- s/d Rp.10.000,-. . Dari Jembatan Ampera kita turun menuju dermaga dan menyewa sebuah perhu motor. Harganya sekitar Rp.50.000,- s/d Rp.100.000,- jangan mau bila minta lebih dari itu. Dengan harga segitu anda dapat menyusuri sungai Musi sepuasnya.

Tempat Menginap

Palembang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, jadi anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menginap di Palembang. Harganya juga bervariatif antara Rp.250.000,- s/d Rp.5.000.000,-.

Tempat Bersantap

anda tidak perlu bingung mencari tempat makan di Palembang, karena sangat banyak dan beragam. Dan masing-masing dari tempat makan tersebut menawarkan menu andalan mereka yaitu pindang ikan Patin. Itu merupakan makanan khas Palembang. Anda harus mencobanya.

Berkeliling

Berkeliling Sungai Musi anda memang harus menggunakan perhau bermotor. Anda dapat menyewanya tepat dibawah jembatan Ampera. Disana memang pusatnya penyewaan kapal-kapal untuk disewa oleh wisatawan-wisatawan, baik asing maupun lokal.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan

Sepanjang Sungai Musi ada beberapa objek wisata, seperti salah satunya Pulau Kemaro dan Makam Ratu Bagus Kuning. Anda dapat meminta supir perhu untuk membawa anda ke tempat-tempat tersebut. Jangan khawatir, mereka tahu benar kawasan itu.

Buah Tangan

Buah Tangan yang dapat anda beli, banyak sekali dari mulai kerupuk Palembang sampai Pempek semua tersedia. Dan juga kerajinan-kerajinan tangan, seperti songket dan kain jumputan.

Tips

Agar liburan anda terasa nyaman, ada beberapa tips yang mungkin akan berguna. Udara di Palembang cukup panas, sama halnya dengan Jakarta. Jadi pilihlah pakaian yang tipis dan menyerap keringat. Jangan lupa membawa Topi atau payung untuk melindungi diri dari sengatan matahari.

1 komentar:

hapsi totelez mengatakan...

jadi pengen kesana bu,,soalnya indah banget

Poskan Komentar