Curug Cimahi—Air Terjun yang Spektakuler

Air, salah satu elemen dasar kehidupan, memiliki efek yang menenangkan. Air terjun yang dikombinasikan dengan keindahan alam nan rimbun akan membuat Anda terpesona. Terletak di Desa Cisarua, kurang lebih 10 kilometer dari Cimahi atau sekitar 1 jam dari kota Bandung, Curug (dalam bahasa Sunda berarti “air terjun”) Cimahi sesuai untuk mereka-mereka yang ingin menikmati suasana alami namun hanya punya waktu sedikit untuk bepergian. Air terjun setinggi 85 meter ini memang merupakan pemandangan yang spektakuler.

Cara Mencapai Daerah Ini

  1. Dengan menyewa mobil.
  2. Menggunakan angkutan kota ke arah Cimahi—Lembang atau Cimahi—Cihanjuang.

Dengan biaya yang relatif murah, Anda bebas menikmati pemandangan yang ada. Dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, Anda akan mencapai lokasi Curug Cimahi. Pepohonan yang rimbun juga suasana asri akan menemani Anda.

Tempat Menginap Anda dapat menginap di hotel atau penginapan di wilayah Bandung atau Cimahi.

Berkeliling Berjalan kaki.

Tempat Bersantap Beberapa kedai menjual makanan dan minuman tradisional. Anda juga dapat membawa makanan dan minuman Anda sendiri, kemudian berpiknik.

Buah Tangan

Tak ada yang khusus. Toh Anda dapat membeli buah tangan di kota Bandung.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan

  1. Menikmati pemandangan air terjun. Berenang di sini juga dapat dilakukan. Pada saat-saat tertentu, Anda dapat menyaksikan pelangi di lokasi ini.
  2. Menyaksikan polah para monyet yang kebetulan tinggal di daerah ini.

Tips

  • Pastikan kondisi tubuh Anda sedang fit saat mengunjungi situ sini. Memasuki Curug Cimahi relatif lebih mudah karena jalannya menurun. Akan tetapi, Anda mungkin akan lelah saat ingin keluar dari Curug Cimahi karena jalannya naik.
  • Jaga barang bawaan Anda baik-baik, terutama saat Anda melihat para monyet. Biasanya mereka takut pada manusia, namun apabila ada kesempatan, mereka suka “mencopet” barang-barang pengunjung yang sedang lengah.
  • Pakailah pakaian yang sesuai—juga sepatu yang nyaman. Di musim hujan (Oktober-April) ada baiknya membawa payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga.
  • Bawa air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Bawa baju ekstra dan handuk, juga baju renang apabila Anda ingin berendam di sini.
  • Buanglah sampah pada tempatnya. Apabila tempat sampah tidak tersedia, bawa kantung plastik untuk menyimpan sampah Anda untuk sementara, dan membuangnya di tong sampah nantinya.

0 komentar:

Poskan Komentar