Temukan Surga Tropis di Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Selamat datang di kepulauan tropis nan cantik di kawasan Kalimantan, Pulau Derawan. Sebuah pulau dengan permukaan air laut berwarna gradasi biru dan hijau yang memukau, hamparan pasir nan lembut, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, dengan hutan kecil di tengah-tengah pulau yang merupakan habitat dari bermacam jenis tumbuhan dan hewan serta keindahan alam bawah laut yang mempesona. Tidak heran apabila pulau ini bisa menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf dunia dan menjadikan pulau ini sebagai pulau impian bagi para penyelam.

Cara Mencapai Daerah Ini

Sangatlah mudah untuk mencapai pulau cantik ini. Anda bisa langsung terbang selama kurang lebih 3 jam menuju Balikpapan dengan menggunakan pesawat dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta atau Denpasar. Dari Balikpapan, Anda masih harus terbang menuju Tanjung Redeb selam satu jam dengan menaiki pesawat KAL Star, Deraya atau DAS. Selain itu, Tanjung Redeb juga bisa dicapai melalui laut, dengan menaiki kapal dari Samarinda atau Tarakan ke Tanjung Redeb dilanjutkan dengan menyewa motorboat.

Tempat Menginap

Sejak tahun 1993, Pulau Derawan dikelola oleh PT.Bhuni Manimbora Interbuana dengan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti cottage, Peralatan menyelam, Speedboat dan restoran. Selain itu, terdapat pula penginapan yang dikelola oleh warga sekitar, seperti Danakan, Derawan Lestari III, Derawan Lestari I & II. Penginapan HAMS dan Yogie Mas menyediakan kamar dengan harga sekitar Rp.45.000 sampai Rp.100.000/malam.

Tempat Bersantap

Di sekitar Pulau Derawan terdapat banyak pilihan restoran dan kafe yang dapat Anda pilih sebagai tempat untuk bersantap.

Berkeliling

Di sekitar Pulau Derawan, sebanyak 28 titik menyelam telah teridentifikasi. Untuk menjelajahi semua titik ini setidaknya dibutuhkan sekitar 10 hari

dengan satu kali menyelam di masing-masing titik. Untuk pindah dari satu titik ke titik lainnya, Anda bisa menggunakan kapal. Sementara itu, Anda bisa menjelajahi pulau dengan berjalan kaki.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan

Di Pulau Derawan ini, banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan, terutama aktivitas yang berkaitan dengan wisata bahari, seperti :

  • Menyelam; Anda dapat melihat berbagai jenis Ikan seperti Hiu, Dugong atau Ikan duyung, arracuda, penyu hijau dan sebagainya.
  • Berenang, Snorkeling, dan memancing Berjalan di sepanjang pantai
  • Mengamati penyu hijau

Buah Tangan

Sebagai oleh-oleh, Anda dapat membeli barang-barang kerajinan yang dibuat dari hasil laut. Tips

  • Jika ingin menyelam, Anda bisa menyewa peralatan menyelam di Pulau ini
  • Atau jika menyelam merupakan pengalaman pertama untuk Anda, akan lebih mudah dengan bergabung ke dalam sebuah tur.

0 komentar:

Poskan Komentar