Pantai Balekambang, Malang-Jatim

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur 65 km, sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang ini cukup indah dan menawan. Hal ini didukung pula dengan fasilitas yang memadai, tempat parkir yang luas, camping ground, kios cinderamata, rumah makan, mck, kantor informasi, bungalow sedeharna, kolam renang dan bumi kemah pramuka, mushola dan pendopo. Pantai landai ini dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut, maka akan tampak di atas air dan disela-selanya berbagai jenis ikan-ikan hias kecil yang beraneka ragam. Selain itu, di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura,yang bernama Pura Luhur Amertha Jati. Untuk mencapai Pura ini, Anda dapat melalui sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada acara yang khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suro'an) dan Upacara Jalanidhi Puja.

Cara Mencapai Daerah Ini

Pantai ini dapat dicapai melalui Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigonco ataupun melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak belok ke kiri ke arah Kecamatan Bantur dengan menggunakan kendaraan, baik mobil ataupun motor.

Tempat Menginap Di sekitar areal pantai terdapat bungalow sederhana yang dapat Anda sewa. Apabila Anda memutuskan ingin melakukan kemping, maka tersedia pula amping ground di sekitar areal Pantai Balekambang.

Tempat Bersantap Anda dapat bersantap di warung-warung makan yang terdapat di dalam areal Pantai Balekambang.

Berkeliling Anda dapat berjalan kaki untuk mengelilingi pantai ini.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan Di pantai ini Anda dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari menikmati indahnya sunset yang terkadang tampak di sela-sela ketiga pulau kecil di pantai ini, berjalan menuju ke Pura yang terdapat di atas Pulau Ismoyo atau sekedar bermain air.

Buah Tangan Anda dapat membeli souvenir di kios-kios cinderamata yang terdapat di dalam areal pantai Balekambang.

Tips

  • Pastikan untuk mengecek performa mesin kendaraan Anda supaya aman dan nyaman di perjalanan.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan perlengkapan lainnya seperti krim tabir surya, topi dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar