AKTUALISASI INSAN ADIRAGA

kartun

Definisi

Yang dimaksud dengan insan Indonesia cerdas adalah insan yang cerdas secara komprehensif yang meliputi spiritual,cerdas emosional,cerdas intelektual dan cerdas kinestesis. Sedangkan aktualisasi insan adiraga adalah,beraktualisasi diri melalui olah raga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar, berdaya tahan, sigap, terampil dan trengginas.

·        Penerapan dalam pembelajaran

Pembelajaran merupakan upaya untuk membelajarkan siswa yang bisa direncanakan dan tidak direncanakan.Pembelajaran juga merupakan rekayasa terhadap murid untuk mengembangkan potensi siswa.Dalam hal ini, guru harus mampu menerapkan dan memilih setrategi pembelajaran yang sesuai.

Untuk mencetak generasi insane adiraga, maka di setiap lembaga pendidikan (PAUD,TK/RA,SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA) mewajibkan adanya mata pelajaran jasmani, olah raga  kesehatan. Karena hal ini bertujuan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran akan hidup sehat. Agar bisa mewujudkan insan yang sehat bugar  maka di setiap lembaga pendidikan perlu menerapkan program senam kebugaran jasmani setiap pagi sebelum kegiatan  pembelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk memberikan penyegaran, semangat beraktifitas belajar dan menjadikan insan yang sehat dan bugar.

·        Cara Evaluasi

Untuk mengevaluasi siswa dalam setiap aspek yaitu efektif, motorik dan pesikomotorik. Disediakan pula berbagai kegiatan untuk mengevaluasinya. Di antaranya penilaian pengetahuan , penilaian berpenampilan dan bersikap.

-       1.    Penilaian Pengetahuan

Berupa lembar soal yang berisi  pilihan ganda dan jawaban singkat atau esay yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan peserta didik.

-         2.  Penilaian Keterampilan 

Penilaian aspek psikomotor di berikan dalam dua bentuk penilaian terhadap kesempurnaan/keterampilan sikap/cara melakukan suatu gerakan (penilaian proses) dan penilaian prestasi dari gerakan tersebut (Diambil banyaknya melakukan gerakan)

-          3. Penilaian Sikap

Penilaian aspek afektif (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan pembelajaran dan di luar jam pembelajaran.

Aspek-aspek Yang dinilai meliputi :
  •       Disiplin
  •       Jujur
  •       Kerjasama
  •       Tanggung Jawab
  •       Sportivitas
  •       Mematuhi peraturan/ ketentuan yang berlaku
  •            Partisipasi dalam mengikuti pembelajaran pendidikan kesehatan jasmani

·        Tindak Lanjut

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani kesehatan dan olah raga yang diajarkan di sekolah memiliki peranan yang sangat penting. Yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani kesehatan dan olah raga yang terpilih dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu, diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis yang lebih baik sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Melalui proses pembelajaran yang di lakukan diharapkan siswa terampil berolah raga.

0 komentar:

Poskan Komentar