Jurus Bugar dengan Enam Gerakan

Agar bugar sebelum bekerja, lakukan latihan yang terdiri dari enam gerakan ini. Untuk pemanasan, cukup lakukan gerakan jalan cepat atau gerakan-gerakan yang lain.

Gerakan-gerakannya:

Gerakan I:
Lompat-Lompat

Melangkahlah kedepan dengan kaki kiri, dan pada waktu mendarat, lompatlah ke udara, bengkokkan lutut kanan ke depan. Mendaratlah pada kaki kanan dan lompatlah lagi. Terus bergerak dalam ruangan, kedua lengan berayun berlawanan dengan kaki. Melompat-lompatlah selama 2 menit.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gerakan II:
Gerakan berbaris ke luar dan ke dalam

Jalan berbaris di tempat secepat mungkin Anda dapat lakukan. Langkahkan kaki kanan kemudian kaki kiri ke luar ke arah samping, dan kemudian melangkahlah tiap kaki kembali ke dalam (ke luar, ke luar, ke dalam, ke dalam), biarkan kedua lengan bergoyang secara alami.

Ulangi selama 30 detik. Kemudian lakukan 30 detik berikutnya mulai dari kaki kiri.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gerakan III:
Lompat Tali

Peganglah seutas tali, atau bayangkan seolah-olah memegang tali, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul dan lompatlah selama 30 detik, mendarat lembut pada bola kaki dengan kedua lutut dibengkokkan.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gerakan IV:
Sprint Menyeret Kaki ke Samping

Posisi squat dengan kedua kaki terbuka selebar pinggul, jari-jari menghadap ke depan. Gerakan kaki ke samping dengan menyeret ke kiri sebanyak 4 hitungan. Kemudian seret ke kanan sebanyak 4 hitungan. Ulangi, berganti-ganti sesi selama satu menit.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gerakan V:
Gerakan Menyilang

Mulailah dengan kedua kaki bersama-sama, jari-jari menghadap ke depan dan kedua lutut sedikit dibengkokkan.

Melangkahlah dengan kaki kiri ke samping menyilang kaki kanan di belakang (1), melangkahlah dengan kaki kiri ke samping lagi (2), silangkan kaki kanan di depan (3), langkahkan kaki kiri ke samping, dan bawalah kaki kanan selanjutnya ke kiri (melangkah ke belakang, melangkah ke depan, melangkah bersama).

Ulangi, bergerak ke kanan. Bergeraklah secepat-cepatnya selama satu menit.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gerakan VI:
Melompat pada Satu Kaki

Berdirilah pada kaki kanan, kedua tangan pada pinggul. Melompatlah lurus ke atas, kurang lebih 3 cm dari lantai dan bengkokkan lutut kanan pada waktu mendarat dengan lembut dan terkendali. Lompatlah dengan durasi 15 detik pada setiap kaki.


Oleh: 
Dr. Sadoso Sumosardjono, Sp, KO.
Spesialis Kedokteran Olahraga
Sumber: Senior

0 komentar:

Poskan Komentar