Mengasah Kecerdasan Naturalistik



Kecerdasan NaturalistikBALITA suka mengumpulkan dedaunan, biji buah-buahan kering, kulit kerang dan bebatuan. Untuk apa, hanya balita yang tahu. Namun, Anda perlu tahu bahwa balita memiliki kecerdasan naturalistik. Kecerdasan naturalistik adalah kemampuan mengenali dan menglasifikasi pola-pola alam. Koleksinya yang lebih mirip sampah itu adalah bahan pelajarannya untuk mengasah kecerdasan naturalistik. Asah potensinya! Siapa tahu dia bisa menjadi ilmuwan hebatseperti Charles Darwin, Bapak Teori Evolusi atau Luther Burbank, ahli botani dari Amerika dan penemu Ilmu Pertanian.
1. Menikmati alam pantai dan pegunungan adalah wilayah kesukaan si cerdas naturalistik. Pantai adalah laboratorium kehidupan laut yang berisi aneka mahkluk hidup. Selain itu ada pasir, kulit kerang dan batu karang. Biarkan anak membawa benda-benda itu sebagai koleksinya. Ajak pula anak ke pegunungan, berjalan-jalan dan mengamati tanaman yang tumbuh di sana. Bila Anda tak paham tanaman, beri kesempatan si kecil untuk menyentuh dan menggunakan caranya sendiri untuk belajar.
2. Merawat binatang adalah tanggung jawab yang disukai si cerdas naturalistik. Ajak anak ke dokter hewan saat membawa binatang peliharaan untuk divaksin. Perlihatkan juga cara memberi makan dan membersihkan kandang hewan.
3. Jalan-jalan ke Taman Safari dan Kebun Raya cocok untuk mereka. Di tempat ini ia bisa melihat habitat hidup binatang mendekati aslinya berikut pakannya. Di Kebun Raya anak bisa melihat perbedaan berbagai tanaman dan pepohonan. Sering-sering mengajak si kecil ke luar kota untuk membandingkan tanaman, bisa mengasah kecerdasan naturalistiknya..
4. Membaca buku-buku pengetahuan bergambar binatang seperti unggas, serangga, reptil, mamalia. Bacakan dan ceritakan secara detail habitat hidup, kebiasaan dan pakan binatang. Lengkapi koleksi buku tentang bunga, tanaman atau pepohonan.
5. Mengoleksi adalah kebiasaan anak cerdas naturalistik. Saat jalan-jalan, ia akan memetik rumput, daun, bunga maupun buah yang tak penting menurut Anda. Meski begitu, dorong anak untuk mengumpulkan apa saja: bebatuan, kulit kerang, serangga. Ajak anak melihat perbedaannya dan membuat klasifikasinya. Misalnya jenis rumput: rumput gajah, rumput manila, dan sebagainya. Jangan marahi anak bila ia memungut sesuatu di jalan.
6. Mandi hujan atau berjemur di panas matahari bisa menjadi bahan pelajaran si kecil. Izinkan anak merasakan hujan dan sengatan matahari agar ia mengenal perbedaan suhu udara dan cuaca.
7. Memandang langit di malam hari, ceritakan tentang bulan, bintang dan binatang malam. Di siang hari, tunjukkan pada buah hati Anda, bagaimana awan-awan bergerak, berubah bentuk menjadi apa saja. Ajarkan perbedaan siang dan malam.
8. Menanam tumbuhan mulai dari biji hingga menjadi kecambah dan pohon cabai misalnya, membuat balita Anda yang cerdas naturalistik sangat senang. Apalagi saat bunga cabai berubah jadi buah cabai. Ajak ia menghitung hari dan mencatatnya meski balita belum bisa membaca. Catatan ini penting untuk Anda agar Anda bisa menjelaskannya pada anak. Kapan-kapan, ajak balita melihat cara lain menanam dengan cara stek.
9. Sediakan mainan yang bisa mengasah kecerdasan naturalistik:
  • Pasir untuk membuat gunung, persawahan. Selain pasir, berikan juga tanah agar anak belajar mengenali perbedaan tekstur tanah dan pasir.
  • Teleskop, jelaskan kegunaan dan cara menggunakannya.
  • Mikroskop, sediakan preparat dan jelaskan kegunaan dan cara menggunakannya.
  • Buku-buku sejarah tentang terjadinya gunung berapi dan tentang terjadinya bumi.
  • Scrapbook, label, lem, gunting dan sebagainya untuk mengumpulkan koleksinya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sebagai orang tua apabila mengetahui anaknya menyukai alam hendaknya anak tersebut di dukung dan diarahkan supaya anak dapat mengembangkan kecerdasan naturalistik yang dimiliki.Dan sebagai orang tua hendaknya sering mengajak anak ketempat yang berbaur dengan alam karena dengan demikian anak akan lebih mengenal alam sehingga kecerdasan naturalistik anak akan berkembang.

NAMA: MUHAMMAD KHOIRUL EFFENDI
NPM: 1119110652
POKJAR: SENORI
ANGKATAN: MURNI 2011

Unknown mengatakan...

NAMA : MUHAMMAD KHOIRUL EFFENDI
NPM : 1119110652
ANGKATAN : 2011
POKJAR : SENORI
Sebagai orang tua apabila mengetahui anaknya menyukai alam hendaknya anak tersebut didukung dan diarahkan supaya anak dapat mengembangkan kecerdasan naturalistik yanng dimiliki dan sebagai orang tua hendaknya sering mengajak anak ketempat yang berbaur dengan alam dengan demikian anak akan lebih mengenal alam sehingga kecerdasan naturalistik anak akan berkembang.

Posting Komentar