Pose Untuk Mencegah Bungkuk

Nama pose ini diambil dari hewan super bungkuk, unta! Namun, manfaatnya justru bisa mengoreksi postur dengan melatih elastisitas tulang punggung.

Postur bungkuk selain tak enak dilihat, juga tidak baik untuk kesehatan. Badan yang bungkuk memberi beban bagi tulang punggung dan jaringan saraf di punggung, sehingga menyebabkan otot punggung kejang dan bahu kaku.

Bungkuk juga dapat menyebabkan penyusutan kapasitas paru-paru, gangguan kerja jantung, dan membebani seluruh organ di rongga perut.

Pose ustrasana dari lyengar yoga bermanfaat untuk mengatasinya, bahkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Pemakaian alat berupa kursi atau guling bisa membantu mereka melakukannya.

Pose ini secara organik mengembangkan paru-paru pada kapasitas maksimalnya, sekaligus membuat otot diafragma mengembang secara longitudinal, sehingga elastisitasnya terjaga. Perlu diketahui bahwa kerja organ respirasi sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan otot diafragma. Itulah sebabnya secara tidak langsung pose ini sangat berguna bagi pengidap asma.

Bagi yang telah terbiasa pun, pose ini sangat baik untuk menyehatkan kinerja jantung. Dada mengembang yang diikuti oleh pergerakan tulang belikat membuat posisi jantung teregang secara longitudinal. Kondisi ini memberi stimulasi yang melancarkan aliran darah ke koroner jantung serta membuang penyumbatan di sana.

Teknik

1. Berdirilah dengan lutut, paha, dan tulang kering membentuk sudut 90 derajat. Kembangkan dada, tegakkan tulang punggung, bahu rileks dan kedua tangan aktif.
2. Letakkan tangan di paha, perlahan buka bahu ke belakang, kembangkan dada.
3. Mundurkan tangan ke tumit, buka bahu lebih lebar. Arahkan tulang belikat ke belakang rusuk. Biarkan perut melebar secara horizontal dan energinya mengalir ke kaki, membuat papa tetap tegak lurus dengan lantai.
4. Jaga posisi paha dan tulang kering serta punggung kaki di lantai. Mundurkan tangan ke telapak kaki. Arahkan wajah ke belakang sejauh mungkin. Kembali dari pose ini dan dengan perlahan tempatkan seluruh anggota tubuh ke posisi semula, kepala giliran terakhir.


Gerakan Yang Benar


1. Letakkan balok yoga di tulang pubik dan tempelkan tepat di tembok.
2. Lakukan pose ini dengan benar tanpa menjatuhkan balok.

Gerakan Salah

Karena hanya memperhatikan tujuan akhir dengan menempatkan tangan di telapak kaki, akhirnya lengkungan punggung tidak didapatkan. Paru-paru dan bahu menyempit, sehingga paru-paru dan jantung tidak mendapat efek sedikit pun.

Sangat fatal bila terjadi tekanan berlebihan pada bagian lutut yang harus mengompensasi tekanan berlebih pada bagian punggung bawah karena mengikuti gerakan paha ke belakang.

Usapan Dada

Pada beberapa orang, stimulasi di bagian jantung, walaupun berefek positif, dapat memberikan debaran cukup kuat. Pada beberapa kasus, khususnya orang lanjut usia, merasakan sesak di bagian sternum (tulang tengah dada).
BKS lyengar menyebut fenomena ini dry sternum (pengeringan di sternum). la memberikan jalan keluar dengan langkah sederhana berupa pengusapan di tengah dada, yang bisa memancing lubrikasi areal itu untuk meredakan gejala.

Catatan: Dalam pelaksanaannya, penderita migrain, sakit kepala berat, rematik di lutut, dan gangguan punggung perlu diawasi pengajar berpengalaman. Dalam pelaksanaannya, penderita migrain, sakit kepala berat, rematik di lutut, dan gangguan punggung perlu diawasi pengajar berpengalaman.
Sumber: Senior

0 komentar:

Poskan Komentar