Cantik dan Bersih Berkat Lulur 'Rumahan'



Semua wanita pasti ingin terlihat cantik dan menawan saat bertemu dengan khalayak ramai. Maka tidak heran jika banyak wanita yang memilih pusat kecantikan atau salon demi mendapatkan perawatan khusus untuk kulit dan tubuh.
Kini berbagai macam perawatan kulit mulai dari perawatan tradisional sampai modern banyak didapati. Lulur yang konon sudah dikenal sejak jaman nenek moyang sampai detik ini masih diminati sebagai perawatan populer bagi kaum wanita.
Lulur atau luluran digunakan dengan cara mengoleskan bahan lulur pada tubuh, mulai dari ujung kaki sampai bagian tubuh lainnya. Biasanya lulur dibiarkan setengah mengering, lalu gosok dengan telapak tangan sampai lulur berjatuhan. Lulur dipercaya dapat membersihkan kotoran yang melekat pada tubuh, mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori sehingga kulit bisa bernapas.
Biasanya setelah pemakaian lulur, kulit akan terasa lebih lembut dan bersih karena lapisan atas kulit yang mati terangkat oleh lulur.
Perawatan lulur tradisional biasanya terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa memberi manfaat yang berbeda-beda, misalnya lulur kopi yang dapat mengatasi selulit, atau lulur buah-buahan untuk mencerahkan kulit.
Berminat melakukan perawatan lulur tradisional dirumah? Jika iya, Anda bisa mencobanya di waktu senggang. Resep lulur berikut bisa membantu perawatan tanpa harus mahal, dan tentunya terbuat dari bahan alami.
Lulur kopi
Lulur kopi membantu Anda mengatasi dan mencegah selulit. Kadungan kafein pada kulit adalah bahan alami yang handal menaklukan selulit. Selain itu kopi juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, mencerahkan, dan memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah.
Caranya :
1. Siapkan bubuk kopi dan aplikasikan pada bagian tubuh yang berselulit.
2. Gosok dengan tangan pada bagian selulit, pijat memutar selama 5 menit.
3. Lakukan detoksifikasi pada area selulit dengan cara membungkusnya dengan plastik khusus ( biasanya digunakan untuk penutup makanan), biarkan selama 15 menit.
4. Bersihkan sisa bubuk kopi yang masih tersisa, dan basuhlah dengan handuk basah agar tidak menimbulkan gatal dan lengket pada kulit.
5. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal
Catatan: Bahan kopi yang digunakan adalah bubuk kopi yang terbuat dari biji kopi asli yang telah digiling. Selamat mencoba dan semoga terhindar dari selulit yang kerap mencemaskan Anda.
Lulur Alpukat
Lulur ini dipercaya dapat melembabkan kulit, mencerahkan dan meratakan warna kulit. Salah satu resep alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah adalah sebagai berikut
Bahan :
Siapkan ½ buah alpukat ukuran besar atau 1 buah alpukat ukuran kecil.
60 gr tepung beras
5 ml baby oil
Air secukupnya
Cara meramu dan pemakainnya:
1. Hancurkan buah alpukat sampai halus, lalu campurkan dengan semua bahan ( tepung beras + baby oil+ air) hingga tercampur menjadi adonan pasta.
2. Balurkan lulur ke seluruh tubuh sambil sesekali dipijat, jika sudah rata biarkan sampai mengering.
3. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.
4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.
Lulur tomat susu
Lulur tomat dan susu dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, selain dapat menghaluskan kulit, tomat juga dapat mengencangkan kulit. Berikut langkahnya :
1. Pertama-tama, panaskan satu gelas susu murni segar, aduk-aduk sampai mendidih.
2. Matikan api dan diamkan beberapa saat sampai susu dingin.
3. Biasanya susu yang sudah dingin akan mengental pada bagian atasnya, itu yang dibutuhkan. Ambil bagian atasnya dengan sendok makan, sisihkan dalam wadah terpisah.
4. Langkah kedua, hancurkan satu buah tomat segar ( ukuran besar dan berdaging tebal), lalu saring sarinya.
5. Panaskan diatas api kecil hingga menguap perlahan, jangan sampai mendidih.
Aduk sampai sedikit menyusut, lalu matikan api. Diamkan sampai dingin.
6. Campurkan kedua bahan, susu dan sari tomat jadi satu.
7. Tambahkan tepung beras dan tepung jagung secukupnya. Buat seperti adonan pasta. Lulur siap digunakan
8. Balurkan lulur ke seluruh bagian tubuh sampai merata, setelah kering bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan 2 hari sekali.
Manfaat dari lulur tomat susu : Perpaduan susu dan asam buah tomat bermanfaat sebagai pemutih alami yang akan mengangkat sel-sel mati, sehingga membuat kulit lebih cerah dan halus. Bahkan lulur ini bisa digunakan untuk masker wajah alami, yang bermanfaat untuk mengangkat noda-noda hitam pada wajah.
Lulur pepaya
Pepaya, terkenal memiliki kandungan enzim yang tinggi pada daun dan buahnya. Enzim ini bisa menghaluskan sehingga sering digunakan sebagai pelunak daging. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, E, F, dan H yang dapat menghaluskan kulit, memberi nutrisi, serta mempertahankan elastisitas kulit.
Cara penggunaannya : Oleskan campuran 100 ml buah pepaya yang sudah dihancurkan dengan 20 butir kemiri yang sudah ditumbuk. Setelah itu, gosokkan merata ke seluruh tubuh hingga kandungan enzim dapat berfungsi sebagai scrub.
Lulur stroberi
Buah yang satu ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang membantu mengencangkan kulit), serta vitamin B, C, E, dan K. Lulur stroberi selain untuk mengencangkan kulit juga menyehatkan dan meremajakan kulit. Cocok digunakan hampir oleh semua jenis kulit. Aromanya yang khas menjadikan lulur ini cocok untuk terapi relaksasi.
Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara, tumbuk beberapa buah stroberi yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya. Untuk memberikan efek lembap tambahan, berikan cairan susu segar secukupnya sehingga kulit menjadi lebih kenyal.
Lulur garam laut
Ternyata selain untuk berendam, gram laut juga bisa digunakan untuk scrub. Berfungsi sebagai antiseptik, karena kandungan mineralnya bisa untuk menghilangkan bau badan dan gatal-gatal. Cara meramunya, 100 gram sea salt dicampur dengan 30ml soy bean oil dan 6 tetes aromaterapi. Setelah itu, oleskan ke seluruh tubuh sambil digosok dengan gerakan memutar secara perlahan, sehingga kotoran yang melekat di kulit menjadi terlepas.
Catatan : Selalu gunakan pelembab setiap kali selesai berlulur. Agar pori-pori kulit yang terbuka setelah berlulur tidak mengakibatkan kulit kering sehingga tidak cepat keriput.
Selamat mencoba. 

0 komentar:

Poskan Komentar