Menciptakan Tempat Bermain yang Ideal di Rumah


bermain di rumahSEORANG anak memerlukan tempat yang khusus bagi dirinya, sesuai dengan kemampuan, minat, dan usianya. Ukuran tempat bukanlah yang terpenting, biasa saja itu berupa tempat bermain khusus atau bahkan bagian dari pojok kamar tidur yang berbagi dengan saudaranya. Namun yang terpenting, ia merasa bahwa tempat itu adalah “miliknya”. Tentu saja, tempat itu tidak berbahaya sama sekali. Rak harus rendah dan terbuka, karena mainan anak lebih cocok ditaruh di rak yang mudah dijangkaunya, daripada ditaruh dalam laci. Hanya barang-barang milik anak saja yang boleh ditaruh disitu sehingga ia bebas beraktivitas, bermain dan bereksperimen.
Biarkan anak bermain dengan bebas sehingga tempat itu berantakan; disana pula kita dapat mengajarkannya untuk membereskan barang-barangnya dan menaruhnya kembali sesudah selesai bermain. Tetapi hindari suasana di mana keteraturan lebih penting daripada kegembiraan. Anak-anak membutuhkan kebebasan untuk membuat berantakan dan menjadi kotor.
Meskipun anak memerlukantempat pribadi untuk bermain, jangan batasi kegiatannya di satu sudut rumah saja. Anak yang sudah cukup besar untuk boleh bermain diluar, harus bisa berlarian dengan bebas di seputar rumah, untuk melihat-lihat dan bermain sesukanya. Bermain petak umpet di ruang tamu atau membuat music dengan peralatan dapur, sungguh akan menciptakan kegembiraan bagi anda dan anak anda.
Seringkali anak lebih tertarik pada benda-benda sungguhan daripada mainan. Lihatlah betapa panci dan pot, kotak-kotak besar, tas, lebih menarik perhatian anak daripada mainannya yang baru.

0 komentar:

Poskan Komentar