Dua Bulan Selulit Hilang

Lelah coba enyahkan selulit? Ikuti gerakan latihan pembakar lemak ini, Asal tekun dan sabar, dalam tempo 4-8 minggu selulit akan lenyap dari tubuh Anda.

Selulit adalah kondisi kulit berkerut seperti kulit jeruk, disebabkan timbunan lemak di bawah kulit. Biasanya terdapat di paha sampai perut. Makin banyak timbunan lemak di bawah kulit, makin menonjol pula selulitnya.

Di pasaran, mudah ditemukan krim dan lotion yang diiklankan mampu mengurangi selulit. Namun, banyak orang kecewa karena meski telah mengoleskan krim-krim mahal, selulit masih setia di tempatnya. Diet ketat untuk menurunkan berat badan yang juga bertujuan mengurangi selulit malah dapat merusak kulit. Akibatnya, selulit terlihat semakin jelas.

Jadi penurunan berat badan secara bertahap harus diimbangi dengan kombinasi olahraga aerobik/kardio dan olahraga beban. Kombinasi diet dan olahraga dapat membakar lemak, membentuk otot, dan menurunkan berat badan dengan aman.

Memang dibutuhkan kerja keras, tetapi hasilnya pasti akan terlihat. Juga diperlukan waktu, tidak bisa instan. Ingat, lemak tertimbun juga secara bertahap. Coba lakukan latihan-latihan di bawah ini. Mudah-mudahan dalam waktu kurang lebih 4-8 minggu akan tampak hasilnva.

Latihan Aerobik:

Lakukan latihan jalan 5 kali seminggu secara teratur. Latihan diseling-seling antara latihan jalan cepat agar pembakaran lemak lebih banyak dengan latihan jalan dengan kecepatan sedang-sedang saja.

Latihan Beban:

Lakukan 3 kali dalam seminggu pada hari-hari yang tidak berturutan. Kencangkan otot-otot dengan enam macam gerakan yang ada di gambar.

Minggu pertama dan kedua, lakukan 1 set dengan 12 kali ulangan untuk tiap set. Minggu ke-3 dan 4, berlatihlah seperti di minggu pertama dan kedua, tetapi sirkuit (putaran) dilakukan dua kali lipatnya. Di minggu ke-5 hingga 8, ulangi sirkuitnya 3 kali. Artinya, Anda berlatih 3 set untuk setiap gerakan.

Latihan beban berupa 6 macam gerakan ini bertujuan menguatkan otot pinggul, pantat, dan papa, daerah selulit biasa berada. Dalam setiap gerakan, bila merasa terlalu sukar, lakukan yang sedikit lebih ringan. Lalu, secara bertahap tingkatkan intensitasnya.

Jangan lupa lakukan pemanasan kurang lebih 5 menit, misalnya jalan di tempat.


1. Squat Menendang ke Belakang

Berdirilah dengan kedua kaki berdekatan, jari jari kaki menunjuk ke depan, dan kedua lengan dibengkokkan di samping badan. Bengkokkan kedua lutut dan pinggul ke dalam posisi squat, seperti kalau Anda akan duduk di kursi dan tahan selama 3 hitungan. Pada waktu menaikkan badan, gerakkan kaki kanan ke belakang dan gerakkan otot-otot pantat.

Tahan selama satu hitungan, kemudian turunkan. Ganti dengan kaki lain setiap satu set. Pada permulaan latihan, agar lebih ringan, jangan terlalu dalam ketika berjongkok. Usahakan jari jari kaki tetap di lantai pada waktu menunmkan badan.

2. Mengangkat Badan Sambil Menendang

Berdirilah dengan kedua kaki berdekatan, kedua tangan di pinggul. Melangkahlah dengan kaki kanan ke belakang kaki kiri sampai paha kiri hampir sejajar dengan lantai. Usahakan lutut kiri berada di atas pergelangan kaki. Tahan selama 3 hitungan.

Pada waktu berdiri kembali, tendangkan kaki kanan ke samping sebelum melakukan gerakan ke bawah lagi. Gantilah kaki setup kali melakukan 1 set. Dalam permulaan latihan, agar sedikit lebih ringan, jangan lakukan gerakan menendang dulu. Gerakkan kedua kaki bersama-sama setiap kali menurunkan badan.

3. Mengangkang Kemudian Menendang

Berdirllah dengan kedua kaki terbuka lebar. Jari-jari kaki menghadap keluar, kedua tangan pada pinggul. Usahakan punggung tegak dan otot perut dikencangkan, kedua lutut dibengkokkan, turunkan sampai paha keduanya hampir sejajar dengan lantai. Tahan selama 3 hitungan. Pada waktu berdiri goyangkan kaki kiri menyilang badan , seperti kalau menendang bola waktu main sepak bola. Gantilah kaki setelah setiap satu set. Kalau gerakan inl terlalu sukar, hilangkan dulu goyang kaki.

4. Menggerakan Pantat

Tidurlah telentang di lantai dengan kedua lutut dibengkokkan, kedua kaki di bawah lutut dan terpisah selebar pinggul. Pinggul dan perut dikencangkan, tekankan pada tumit dan kencangkan otot-otot pantat, angkatlah pinggul, turunkan pinggul separuh jalan ke lantai selama 1 detik, kemudian dorong kembali ke atas. Itu sudah merupakan 1 set.

5. Membakar Lemak Pantat

Dalam posisi merangkak, kedua tangan di bawah bahu, kedua lutut di bawah pinggul, perut dikencangkan. Rentangkan kaki kanan ke belakang sehingga membuat garis lurus dengan punggung, jari-jari kaki dalam posisi menunjuk dan pinggul sejajar lantai.

Tariklah lutut ke dada, otot perut dikontraksikan dan rentangkan kaki ke belakang 12 kali. Selanjutnya rentangkan kaki kanan dan secara teratur naikkan dan turunkan 10-15 cm sebanyak 12 kali.

Kemudian bengkokkan kaki kanan, sehingga telapak kaki menghadap ke langit-langit dan naik turunkan 12 kali. Ini adalah sate set. Ulangi dengan kaki kiri. Kalau masih terasa berat, untuk pertama kali, lengan bawah bisa diletakkan di lantai.

6. Melangkah

Berdirilah dengan kedua kaki berdekatan, kedua tangan di pinggul:. Melangkahlah dengan kaki kanan ke depan kurang lebih 75 cm dan bengkokkan kedua lutut. Turunkan badan sampai paha kanan sejajar-dengan lantai. Usahakan agar lutut kanan berada.di atas pergelangan kaki.

Tahanlah selama satu hitungan. Dengan satu gerakan yang cepat, tekanlah kaki kanan dan bawalah ke belakang Anda. Kaki kiri tidak bergerak.
Turunkan badan dengan melangkah ke belakang, sehingga paha kiri sejajar lantai, tahanlah selama satu hitungan.

Lanjutkan dengan gerakan-gerakan kaki kanan ke depan kemudian ke belakang tanpa membawa kaki berdekatan. Gantilah kaki setelah setiap set. Kalau Anda merasa terlalu berat menggerakkan kaki langsung dari depan ke belakang pada permulaan latihan, Anda dapat membawa kaki saling berdekatan sebelum melangkah ke belakang.
Sumber: Senior

0 komentar:

Poskan Komentar