10 Manfaat Menyenangkan Berlari

10 Manfaat Menyenangkan Berlari
sxc.hu
BERLARI adalah salah satu jenis olahraga yang terbilang mudah dan murah, tapi hasilnya sangatlah efektif. Tak perlu susah-susah ke gym, Anda cukup mengenakan pakaian santai dan sepatu olahraga lalu ajak teman atau anggota keluraga berlari di sekitar rumah. Berikut 10 manfaat dari berlari:

1. Menyehatkan jantung
Menjaga kesehatan jantung sehat adalah salah satu cara terbaik untuk melatih otot jantung. Dengan rutin berlari, sirkulasi tubuh akan meningkat sehingga mengurangi risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. 
2. Menurunkan berat badan
Rata-rata pelari membakar 1.000 kalori per jam selama sesi latihan.

3. Terhindar dari osteoporosis
Jika Anda berlari secara teratur, Anda akan terus membebani otot dan tulang sehingga tulang dirangsang untuk tetap kuat dan tidak mudah melemah se iring dengan pertambahan usia. Jadi, bye bye osteoporosis.

4. Menyehatkan mental
Berlari secara teratur akan mengangkat suasana hati. Ini juga meningkatkan rasa percaya diri karena merasa bugar atau berat badan turun. Maka itu, berlari juga bisa membantu meredakan depresi ringan.

5. Gampang tidur
Studi menunjukkan bahwa pelari akan merasa lebih mudah dan lebih lelap tertidur di malam hari.

6. Lebih bahagia
Hormon bahagia endorfin akan ditimbulkan oleh kegiatan olahraga. Ini berarti orang yang sering olahraga akan lebih bahagia daripada mereka yang tidak

7. Tidak cemas
Pelari biasanya memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak berolahraga. Satu studi menunjukkan bahwa berlari mengurangi aktivitas reseptor serotonin di otak yang mengatur suasana hati.

8. Tingkatkan kekebalan tubuh
Jika Anda seorang pelari, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Ini berarti tubuh Anda akan lebih kebal terhadap penyakit seperti pilek, alergi, kelelahan, gangguan menstruasi, sakit punggung, dan gangguan pencernaan.

9. Kuatkan otak
Anda dapat meningkatkan fungsi mental dengan berlari karena akan meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu menerima oksigen dan nutrisi sehingga Anda lebih produktif di tempat kerja.

10. Bakar lemak
Dengan berlari, tubuh akan membakar lemak dan membangun otot sehingga mengubah komposisi tubuh dan metabolisme Anda. (Pri/OL-06)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya setuju bu n menyehatkan bdan

Posting Komentar