Latihan Untuk Redakan Sakit Pinggang

Banyak sekali orang mengeluh sakit pinggang, baik waktu bangun tidur atau sehabis mengerjakan sesuatu. Ada beberapa gerakan yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan, kemudian menghilangkan ketidaknyamanan akibat sakit pinggang.

Anda dapat coba melakukan beberapa macam gerakan untuk meregangkan otot-otot pinggang dan menguatkan otot pinggang serta otot perut. Anda memerlukan otot perut yang kuat karena otot perut akan membantu melindungi pinggung.

Lakukan setiap gerakan 1 sampai 5 kali ulangan, dua kali per hari. Secara bertahap tingkatkan latihan sampai 10 kali ulangan, dua kali per hari.

Lakukan gerakan-gerakan ini secara perlahan dan halus. Bila Anda merasakan sesuatu yang kurang enak waktu melakukan latihan, segera hentikan gerakan itu dan segera periksakan diri ke dokter.

Hentikan setiap gerakan ini bila menyebabkan peningkatan rasa sakit atau menyebabkan rasa kebas atau kaki terasa lemas.

1. Menggerakkan Pinggul
Menguatkan otot-otot perut.

Tidurlah telentang dengan kedua lutut dibengkokkan, kedua kaki terletak datar di lantai. Kedua lengan di samping badan, datarkan punggung Anda di lantai. Pinggul Anda akan bergerak ke atas. Tahan selama 10 hitungan, kemudian kembali ke posisi awal.




2. Kedua Lutut Di Dada
Meregangkan pinggul, pantat, dan otot-otot pinggang.

Tidurlah telentang dengan kedua lutut dibengkokkan, kedua telapak kaki terletak datar di lantai, kedua lengan berada di samping badan.

Naikkan kedua lutut, bersama-sama ke dada. Tahanlah dengan kedua tangan (seperti tampak pada gambar) atau dengan kedua tangan Anda atau bengkokkan dari lutut Anda.

Turunkan kedua tangan Anda bersama-sama ke lantai dan istirahatlah sebentar.

3. membengkokkan Badan
Meregangkan otot-otot punggung, perut dan kaki.

Bertumpu pada kedua tangan dan lutut. Dengan ditarik ke dalam, lengkungkan punggung. Secara perlahan-lahan duduklah ke belakang pada kedua tumit, kedua bahu turun ke bawah bersama-sama, ke arah lantai, tahan.

4. Gerakan Kucing Dan Unta
Meregangkan otot-otot punggung dan perut.

Dalam posisi bertumpu pada kedua tangan dan kedua lutut dengan kepala sejajar dengan lantai, lengkungkan punggung Anda. Secara perlahan-lahan, lengkungkan ke bawah ke arah lantai kedua lengan diusahakan tetap lurus.

5. Sebagian Sit Up
Menguatkan otot-otot perut.

Tidurlah telentang dengan kedua lutut dibengkokkan, telapak kaki terletak datar di lantai. Naikkan kepala dan bahu terangkat dari lantai, tahan. Secara bertahap tambahlah waktu menahannya.

6. Fleksi Pinggul
Menguatkan dan meregangkan otot-otot pinggul, pantat, dan pinggang.

Tidurlah tengkurap dengan kedua lengan dilipat di bawah dagu. Secara perlahan-lahan angkatlah satu kaki, jangan terlalu tinggi, tanpa membengkokkannya. Usahakan pinggul tetap terletak datar di lantai. Secara perlahan-lahan turunkan kaki, ulangi dengan kaki yang lain.
Sumber: Senior

0 komentar:

Poskan Komentar