Perut Rata dengan 3 Gerakan Pilates

img
Dok. Thinkstock
Selama ini pilates mampu meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas seluruh tubuh yang baik untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan memperbaiki berbagai macam masalah tulang belakang.

Beberapa gerakan pilates ternyata juga baik untuk membakar lemak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gerakan pilates tersebut lebih efektif membakar lemak daripada crunches (sit-ups) seperti dikutip dari health.com.

Roll-up
Posisi awal: Tidur terlentang dengan kaki lurus dan rapat, serta tangan rapat pada sisi tubuh.

Gerakan: Angkat tangan Anda hingga melewati kepala sehingga punggung tangan menyentuh lantai. Angkat kembali tangan Anda ke posisi semula. Saat kedua tangan melewati telinga dan mulaihlah mengangkat tubuh bagian atas (seperti sit-ups) hingga kedua tangan meraih jari kaki. Kembali ke posisi semula dengan perlahan. Gerakan ini harus dikontrol dan kontinyu dengan kaki tetap menempel dengan lantai.

Repetisi: 6-8 repetisi.

Teaser
Posisi awal: Tidur terlentang dengan lutut ditekuk 90 derajat dan telapak kaki melayang.

Gerakan: Kencangkan perut sambil menarik napas dan angkat kedua tangan ke atas hingga punggung tangan menyentuh lantai. Angkat kembali tangan Anda. Saat kedua tangan tegak lurus dengan dada, buang napas dan angkat tubuh bagian atas hingga tubuh membentuk huruf 'V' dari samping. Kembali ke posisi awal secara perlahan. Untuk mempermudah gerakan ini, letakkan tangan di lantai sebagai bantuan penopang tubuh.

Repetisi: 15 repetisi.

Criss-Cross

Posisi awal: Tidur terlentang dengan lutut ditekuk 90 derajat, telapak kaki menyentuh lantai dan tangan di belakang kepala.

Gerakan: Kencangkan otot perut sambil mengangkat kepala, bahu dan dada. Putar torso Anda ke kiri dan luruskan serta kencangkan kaki kanan, dengan begitu maka secara otomatis siku kanan Anda akan menyentuh lutut kiri. Naikkan kembali kaki kanan ke posisi awal dan luruskan kaki kiri sambil memutar torso ke kanan sehingga siku kiri menyentuh lutut kanan. Kembalilah ke posisi awal secara perlahan.

Repetisi: 15 repetisi.

0 komentar:

Poskan Komentar