Mola-mola

Ikan mola- mola atau ikan matahari adalah salah satu ikan yang unik, bentuknya yang bulat dan pipih serta sirip yang terletk di bagian punggung dan perutnya yang runcing menjadikan ikan ini berbeda dengan jenis yang lainnya.

ini dia gambarnya :

ikan ini bergerak sangat lamban dan sebagian ahli menggolongkan ikan ini ke dalam jenis plankton karena cara berenang ikan ini yang tidak bisa melawan arus dan cenderung terbawa arus.

makanan kesukaan ikan ini adalah ubur-ubur, makanya di perairan yang banyak ubur-ubur ikan ini sangat melimpah.

ukuran ikan matahari bisa mencapai panjang 1 meter dan berat satu ton,, kebayang ga tuh ??? dengan ukuran yang sebesar ini ikan matahari cenderung memiliki sedikit musuh.

nah,, sekarang kita ke bagian reproduksinya,,

ikan matahari bisa bertelur sampai dengan 300 juta telur.. hmmm.. banyak sekali ya..

ukuran anak-anaknya sekitar sebesar huruf “O” dan mempunyai duri-duri yang berfungsi untuk melindungi diri dari pemangsa. ketika tumbuh besar, duri-duri ini semakin menghilang.

kulit ikan matahari tidak bersisik melainkan licin dan mempunyai lapisan seperti cangkang yang mempunyai ketebalan sekitar 7,5 cm dan katanya nih,, ga bisa tembus peluru.. wuih,, mantap tuh,,

bisa ga ya dijadikan baju anti peluru ?? hehe

ikan matahari cenderung tidak berbahaya bagi manusia tetapi pada beberapa kasus, ikan matahari bisa menyebabkan kapal tenggelam, karena ikan tersebut gerakannya lambat sehingga tidak bisa menghindar ketika ada kapal jadi tabrakan deh..

ikan matahari sering tertangkap jaring nelayan di perairan tropis, butuh kerja keras untuk mengolah dagingnya karena cangkang/kulitnya yang tebal…

0 komentar:

Poskan Komentar