Permasalahan Lingkungan :

  1. Pemanasan Global (Global warming)

Pemanasan global terjadi akibat efek gas rumah kaca, terutama CO2. Pada keadaan normal, sinar matahari yang sampai ke bumi sebagian di serap dan sebagian lagi dipantulkan. Ketika konsentrasi gas rumah kaca melampaui batas, sinar matahari yang seharusnya dipantulkan tersebut menjadi tidak dapat dipantulkan karena tertahan oleh gas tersebut. Akibatnya bumi menjadi panas, es semakin banyak yang meleleh dan iklim semakin tidak menentu.

Solusi : solusi untuk menanggulangi pemanasan global adalah dengan mengurangi emisi gas rumah kaca yaitu dengan mengurangi industry yang tidak ramah lingkungan, mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang menggunakan BBM dan menghentikan perambahan hutan sehingga konsentrasi gas rumah kaca dapat di tekan.

  1. Permasalahan sampah di Indonesia

Permasalahan sampah pada dasarnya disebabkan oleh manajemen tata kota yang buruk dan kurangnya kesadaran masyarakat serta ketidakpedulian akan lingkungan.

Solusi : Untuk mengatasi kesadaran lingkungan harus ditanamkan pada setiap warga Negara akan rasa cinta kepada lingkungan. Tetapi semua itu harus dimulai dari pemerintah dengan membenahi manajemen tata kota atau pendistribusian sampah sehingga sampah tidak menumpuk, kedua, harus ada instalasi daur ulang sampah yang ramah lingkungan sehingga sampah yang non organic tidak menjadi bahan pencemar. Ketiga, pemerintah harus mensosialisasikan atau mengkampanyekan tentang kesadaran lingkungan.

Permasalahan Sosial :

  1. Pengangguran

Pengangguran terjadi akibat jumlah warga Negara lebih banyak dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia dan sumber daya manusia (SDM) yang kurang kompeten.

Solusi : untuk mengatasi pengangguran pertama-tama harus dibentuk terlebih dahulu SDM yang kompeten dan terampil sehingga dapat bersaing secara Internasional dengan mengutamakan pendidikan karena jika hanya dengan menyediakan lapangan pekerjaan saja tentunya tidak akan berhasil karena jika SDM nya maju maka dengan sendirinya lapangan pekerjaan akan tersedia dan pengangguran semakin sedikit.

  1. Pelanggaran Hukum

Pelanggaran hukum adalah ketidak-patuhan seseorang terhadap aturan yang berlaku di lingkungan tempat ia tinggal.

Solusi : kurangnya kesadaran, rendahnya akhlak, dan kurang pendidikan adalah sebab utama seseorang melanggar hokum. Oleh karena itu harus ditanamkan sejak dini kesadaran diri melalui pendidikan yang baik sehingga akan tercipta akhlak yang mulia

Permasalahan Budaya :

  1. Pengklaiman / pengakuan budaya Indonesia oleh Negara lain

Pengklaiman budaya Indonesia oleh Negara lain terjadi karena bangsa Indonesia sendiri tidak merasa memiliki akan kebudayaan bangsa sendiri dan kebudayaan yang sudah ada tidak di patenkan melalui PBB sehingga bangsa lain bebas mengakui budaya Indonesia karena secara hukum memang tidak kuat.

Solusi : Pemerintah harus melakukan tindakan yaitu dengan mengurusi hak kepemilikan budaya Indonesia lewat PBB. Kedua, kita sebagai bangsa Indonesia harus mempunyai rasa cinta kepada tanah air dan budaya bangsa.

  1. Lunturnya Budaya Bangsa oleh Budaya Luar

Budaya luar yang masuk secara langsung telah melunturkan budaya bangsa Indonesia karena dengan kemajuan teknologi jaman sekarang budaya-budaya luar akan bebas masuk tanpa dapat disaring terlebih dahulu.

Solusi : Harus ada tindakan dari pemerintah dalam membatasi dan menyaring budaya luar yang masuk terutama budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

Permasalahan Teknologi :

  1. Kejahatan Internet

Kejahatan Internet adalah tindakan pelanggaran hukum yang dalam prakteknya menggunakan Jaringan computer sebagai alat untuk melakukan kejahatan.

Solusi : harus ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum dengan mengenakan sanksi khusus sehingga para criminal dunia maya menjadi jera, selain itu harus ditingkatkan pula keamanan dalam jaringan computer sehingga system yang ada tidak mudah dimasuki.

  1. Keterbatasan Pengetahuan tentang Teknologi

Masyarakat Indonesia umumnya tidak mengetahui kemajuan teknologi sekarang ini, hal ini disebabkan karena mereka tidak mempunyai akses ke dalamnya.

Solusi : ketidaktahuan masyarakat akan teknologi dapat diatasi dengan modernisasi teknologi ke sekolah-sekolah terutama sekolah yang berada di desa terpencil dan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya teknologi saat ini

0 komentar:

Poskan Komentar