Bugar dengan Stott Pilates (4)

Gerakan Seratus Stott Pilates

Seratus (Hundred) Ambil posisi sit-up. Upayakan posisi mata kaki sejajar tulang panggul seperti posisi pelvic netral. Posisikan tangan di samping badan lurus sejajar. Tarik napas lalu embuskan sambil mengangkat kepala, bahu, dan tangan dalam 5 hitungan.

Tahan sambil mengayun-ayun tangan seperti memompa ke bawah dalam 5 hitungan. Lakukan sampai 10 set hingga berjumlah 100 hitungan. Latihan ini mengontraksi otot perut secara maksimal.

Variasi Gerakan Seratus (Hundred Var.) Berlutut sambil posisikan tangan di sisi badan, jari lurus ke bawah, upayakan lutut sejajar tulang panggul. Tarik nafas dalam 5 hitungan sambil menarik bahu ke belakang. Rasakan tulang belikat mendekat. Tahan sedikit lalu buang napas lewat mulut dalam 5 hitungan sambil menggerak-gerakkan tangan seperti memompa ke belakang.

Usahakan pandangan tetap ke depan sambil merasakan tekanan di perut dan bahu. Lakukan hingga 10 set sehingga berjumlah 100 hitungan. Latihan ini berguna untuk melatih otot perut.

Persiapan Berenang (Swimming Prep.) Ambil posisi memunggung. Lutut dan tangan lurus ke bawah. Usahakan bahu relaks, tidak maju atau mundur. Posisi kepala agak tunduk, luruskan tulang belakang. Tarik napas lewat hidung lalu embuskan lewat mulut, sambil menarik salah satu kaki ke belakang.

Tarik napas, embuskan sambil mengembalikan kaki ke posisi semula secara perlahan. Lakukan sampai 8 set untuk masing-masing belahan kaki. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih otot bokong dan perut.

0 komentar:

Posting Komentar