Analisis Faktor eksploratori

Contoh yang kita gunakan berasal dari tutorial SPSS. Dalam hal ini, kita akan menguji variabel apa saja yang mempengaruhi pilihan responden terhadap sebuah mobil.

Kita menggunakan variabel-variabel tipe mobil (type), harga mobil (price), ukuran mesin(engine size), horsepower, wheelbase, lebar mobil (width), panjang mobil (length), berat curb, kapasitas bahan bakar (fuel capacity) serta efisiensi bahan bakar (fuel efficiency).

Langkah pertama melakukan analisis factor adalah memasukkan variabel-variabel tersebut ke dalam kotak Variables.

Klik descriptive dan pilih initial solution pada Statistics serta KMO and Bartlett’s test of sphrecity dan Anti-image pada correlation matrix dan klik Continue

Klik extraction dan pilih Principal components pada Method, pada Analyze pilih correlation matrix, pada display pilih unrotated factor solution serta scree plot, sedangkan di extract pilih nilai 1 untuk Eigenvalues over serta 25 pada maximum iterations for convergence. Klik continue

Klik rotation hingga terbuka kotak factor analysis: rotation. Pilihlah varimax dan rotated solution. Klik continue

Setelah itu bisa langsung klik OK. Saya tidak akan menjelaskan semua output dari SPSS karena akan membutuhkan hasil yang panjang. Saya hanya menjelaskan hal-hal yang memiliki kaitan dengan hal-hal yang kita diskusikan saat ini. Hasil analisis pertama adalah KMO and Bartlett’s test.

Berdasarkan analisis nilai KMO sebesar 0,833 jauh di atas 0,5 sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan, instrument yang dipergunakan adalah valid. Hal ini di perkuat dengan nilai Sig. Bartlett’s Test of sphericity sebesar 0,000.

Pada anti image matrice perhatikan kolom anti-image correlation. Apabila angka anti-image correlation

0 komentar:

Posting Komentar