Jenis-jenis Penyakit dan Resep Terapinya

jus-bayamResep-resep di bawah ini diberikan berdasarkan penelitian dan percobaan-percobaan yang telah dilakukan oleh dr. R.D. Nope. Di samping itu penulis juga memasukkan resep-resep yang telah dibuat dan dicoba oleh dr. N.E. Kirrscher, John H. Tobe, dr. L.Newman, dan Susan E. Charmine.

Resep ini tidak dimasukkan sebagai pengganti resep-resep yang diberikan oleh dokter, melainkan bertujuan untuk membersihkan tubuh dan melancarkan peredaran darah, mencukupi kebutuhan tubuh dalam menghasilkan tenaga fisik untuk melawan berjenis-jenis penyakit, dan memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang sudah rusak.

Sebaiknya sari buah dan sayuran segar ini diambil dari buah dan sayuran segar tanpa dicampur garam, gula, dan air. Resep ini lebih berkhasiat jika diminum sesudah dicampur dengan takarannya diikuti. Namun, jika resep ini diminum secara terpisah-pisah pun tidak menjadi masalah. Takaran di dalam resep ini dibuat berdasarkan (1 liter cc atau 4 gelas).

Sesudah beberapa tahun mengadakan berbagai percobaan dengan resep-resep tambahan dengan menggunakan sayur dan buah-buahan yang terdapat di Indonesia yang ternyata hasilnya sangat memuaskan.

Jika bahan-bahan dalam resep ini tidak ada atau sukar didapat penderita boleh menggunakan satu macam resep sebanyak 3-4 kali sehari untuk penyakit tertentu. Bahkan jika tidak ada bahan-bahan lain sama sekali, gunakanlah sari wortel 3-4 kali sehari dengan takaran yang lebih banyak. Untuk menghilangkan sisa-sisa semprotan pestisida pada sayuran, cucilah sayuran dengan air yang mengalir, jika perlu disikat hingga bersih. Perlu diketahui resep ini tidak boleh dicampur dengan es.

  • Membesarnya Hulu Kerongkongan (Adenoids)

Adenoids terdiri atas organ getah bening yang terletak di belakang dinding hulu kerongkongan sehingga sering juga disebut dengan tonsil hulu kerongkongan. Organ kecil ini berfungsi mirip seperti fungsi tonsil. Penyakit adenoids timbul akibat membesarnya organ getah bening. Hal ini disebabkan oleh banyaknya lendir di dalam tubuh dan adanya sisa-sisa makanan di dalam usus akibat sering minum susu sapi dan makan makanan yang banyak mengandung kanji atau gula.

Resep Jus

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Malam: wortel 1 gelas

  • Alergi

Ada beberapa jenis alergi yang dapat dialami oleh penderita. Namun, dari segi gizi, alergi itu muncul akibat menumpuknya sisa-sisa makanan di dalam tubuh yang gampang menimbulkan reaksi tubuh terhadap udara dingin atau panas, debu, makanan, dan sebagainya. Apabila seseorang dikatakan alergi pada debu, itu berarti bahwa debu itu dapat menimbulkan keracunan pada tubuh yang terus bereaksi.

Resep Jus

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas

Malam: wortel 1 gelas

  • Anemia (Kurang Hemoglobin)

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya hemoglobin atau butir-butir darah merah pada tubuh penderita. Darah normal terdiri atas 40-45% butir-butir darah merah dan 55-60% plasma darah. Dari setiap 100 ml darah biasanya terdapat 12,5-16 hemoglobin. Biasanya, di dalam setiap satu mililiter kubik darah terdapat 4.500.000-5.500.000 sel-sel darah merah. Apabila darah merah seseorang kurang dari jumlah yang terendah tersebut, orang tersebut tergolong berpenyakit anemia.

Ditinjau dari segi makanan, penyakit animea disebabkan oleh kebiasaan memakan makanan yang kalsium dan atom-atom lainnya telah rusak, seperti makanan kemasan dalam kaleng, tepung, susu yang dimasak pada suhu di atas 70o C atau telah dipasteurisasi.

Resep Jus

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, kelapa ¼ gelas

Sore: wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Malam: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, timun 1/3 gelas

  • Kejang Jantung (Angina Pectoris)

Angina Pectoris adalah rasa yang sangat nyeri, menusuk-nusuk, dan sangat menekan dada. Kadang-kadang nyeri itu juga terasa di bagian lain seperti di bahu kiri, lengan, dan rahang. Hal ini disebabkan oleh pembuluh nadi tajuk jantung (coronary artery) yang tidak sanggup lagi mencukupi persediaan darah ke otak jantung. Biasanya penyakit ini timbul jika seseorang melakukan pekerjaan dengan memaksakan diri, seperti naik tangga yang tinggi.

Sebenarnya angina pectori ini adalah sejenis penyakit jantung ringan dengan penyebab utamanya karena adanya kotoran-kotoran di dalam darah dari jenis makanan yang dimakan, misalnya makanan berlemak.

Resep Jus

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Sore: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, timun 1/3 gelas

  • Umbai Usus Buntu (Apendix)

Apendix disebut juga dengan umbai usus buntu. Wujudnya berupa pipa kecil yang panjangnya kira-kira 4 inci (10 cm), terletak di ujung usus buntu, atau di bagian pertama dari usus besar. Pipa kecil ini mungkin mengalami peradangan karena kotoran yang mengeras atau terjadi pembentukan batu di dalamnya. Paradangan ini terjadi juga karena penumpukan kotoran-kotoran atau sisa-sisa makanan di dalam usus besar. Fungsi usus buntu hampir sama dengan fungsi tonsil, yakni menstimulasi mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan berbagai kuman.

Penyakit usus buntu menyebabkan rasa yang sangat nyeri di perut, biasanya di sebelah kanan. Jika peradangan semakin berat, umbai usus buntu itu dapat pecah dan menyebabkan isi usus menyebar ke seluruh perut bagian bawah. Kejadian ini disebut dengan radang selaput perut. Biasanya jalan terakhir untuk menangani usus buntu adalah dengan mengoperasinya. Namun, untuk menghindari operasi, isi usus buntu bisa dibersihkan dengan cara enema atau tiga hari pembersihan (three day cleansing).

Resep Jus:

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Sore: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, timun 1/3 gelas

Malam: wortel 1 gelas

  • Apoplexia (Pitam)

Apoplexia disebut juga dengan penyakit pitam atau pitam otak. Penyakit ini terjadi jika salah satu pembuluh yang menuju ke otak tersumbat oleh gumpalan darah atau kotoran yang terdapat pada darah. Asal-usul penyakit ini adalah si penderita banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tepung dalam jangka waktu lama yang menyebabkan peredaran darah di dalam tubuhnya, khususnya ke otak terhambat.

Resep Jus:

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas, lobak 1/3 gelas

Sore: wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Malam: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, celery ½ gelas

  • Pengerasan Pembuluh Darah (Arteriosclerosis)

Arteriosclerosis adalah sejenis penyakit jantung yang disebabkan oleh mengerasnya pembuluh darah atau salah satu pembuluh nadi tajuk jantung tersumbat oleh gumpalan darah. Inilah sebenarnya yang disebut dengan serangan jantung.

Arteriosclerosis ini dapat terjadi karena usia tua, apalagi jika seseorang telah mencapai usia di atas 50 tahun. Namun yang menjadi dasar penyebabnya adalah jenis makanan yang dimakan. Penyakit seperti ini lebih banyak dialami oleh mereka yang banyak makan makanan berlemak dan yang mengandung kolesterol. Kurangnya kalsium organik di dalam makanan dapat juga membuat urat-urat nadi kurang elastis, yang mengakibatkan darah membeku di dalam pembuluh darah sehingga dapat mengubah dinding-dinding pembuluh darah dari elastis menjadi keras.

Resep Jus:

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Sore: celery ½ gelas, lettuce ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Malam: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, celery ½ gelas

  • Radang Selaput Sendi (Arthitis)

Ada beberapa macam arthitis, antara lain deformans atau arthitis rematoid dan arthitis tuberkolosis. Arthitis yang sering diderita banyak orang adalah arthitis rematoid atau encok. Beberapa penyebab arthitis rematoid antara lain infeksi, tidak teraturnya kelenjar endokrin (kelenjar buntu), tidak dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan, dan malnutrisi. Dari segi makanan, penyakit ini disebabkan oleh tersimpannya kalsium anorganik di dalam tulang rawan sendi-sendi akibat sering mengonsumsi karbohidrat pekat yang berlebihan.

Resep Jus:

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: jeruk bali ½ gelas

Sore: celery ½ gelas

Malam: wortel 1 gelas, celery ½ gelas

  • Asma (Bengek)

Asma adalah alergi akibat reaksi tubuh terhadap suatu zat, seperti serbuk jamur, bulu binatang, makanan, atau obat-obatan tertentu. Penyebab lain asma adalah adanya lendir-lendir di dalam tenggorok. Lendir-lendir ini tertumpuk di tenggorok karena adanya makanan roti putih, keju, mentega, telur, dan susu yang masuk ke dalam tubuh. Lendir-lendir yang disebabkan makanan inilah yang membuat pernapasan tersumbat sehingga si penderita sensitif terhadap sesuatu zat di sekitarnya (alergi).

Resep Jus:

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: jeruk lemon 1 gelas dan radish 2 buah ditumbuk diambil sarinya

Sore: wortel 1 gelas, calery ½ gelas

Malam: wortel 1 gelas, lobak ¼ galas, radish 1/3 gelas, selada air ¼ gelas

  • Sakit Punggung

Gejala sakit punggung adalah timbulnya rasa sakit di tulang belakang. Terlalu gemuk merupakan salah satu penyebab penyakit ini karena postur tubuh tidak sempurna mengakibatkan tulang punggung seperti tertekan. Sebaiknya penderita memeriksakan diri ke ahli ostiopati atau chiropractor (ahli tulang) yang dapat memperbaiki letak tulang belakang. Selain oleh kegemukan, sakit punggung juga bisa dipicu oleh lumbago (sakit pinggang), sembelit, gangguan pada tulang belakang, dan sendi terhimpit.

Resep Jus:

Pagi: wortel 1 gelas, bayam ½ gelas

Siang: wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, timun 1/3 gelas

Sore: wortel 1 gelas, celery ½ gelas, bayam 1/3 gelas

Malam: wortel 1 gelas

Sumber: Nainggolan, Dr. R. A. 2006. Sehat Alami Terapi Jus & Diet. Jakarta: AgroMedia

0 komentar:

Poskan Komentar