Chakra Planet Bumi

Pengetahuan tentang cakra sudah ada dalam Yoga sejak ribuan tahnn lalu dan kini semakin banyak diadopsi dalam pengobatan tradisional berbasis energi seperti pranic healing, tenaga dalam, reiki, dll.

Arti Chakra adalah ‘Roda’ atau Pusaran atau Pusat atau bahkan Perbuatan.

Chakra berfungsi sebagai :

  • Pintu gerbang masuknya energy Illahi-ah (energy positif) ke dalam tubuh manusia yang menjadi pusat daya penghubung (meridian) yang mendistribusikan energy dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain.
  • Pusat pengendali (relay station) energy tersebut.
  • Secara alamiah juga berfungsi untuk menarik energy positif dan mengeluarkan energy dari dalam tubuh.
  • Menjaga keseimbangan system pengendalian energy dalam tubuh.
  • Bahkan ada yang berpendapat sebagai Pusat Energi.

Beberapa pakar Metafisika, Hypnotherapist dan Meditasi berpendapat bahwa kehidupan manusia yang meliputi kesehatan, usaha/bisnis, sex dan spiritual berkaitan erat dengan Chakra Manusia. Tubuh manusia diciptakan Tuhan dengan dilengkapi 7 titik Chakra Besar (chakra mayor) yaitu :

  1. Cakra Dasar (Root Chakra) atau Muladhara Chakkra yang berada diantara anus dan kelamin, cakra ini sangat berpengaruhpada SEMANGAT HIDUP dan kemampuan seseorang dalam penyembuhan alami.
  2. Cakra Sex (Spleen Chakra) atau Svadistana Chakkra, berada di daerah pangkal kelamin yang berpengaruh pada vitalitas (kegiatan sex dan reproduksi), kegembiraan hidup , kehormatan pribadi dan persahabatan.
  3. Cakra Perut (Solar Plexus Chakra) atau Manipura Chakkra, berada dibawah empedu yang merupakan sumber tenaga, kekuatan, emosi dan bahkan rasa takut.
  4. Cakra Dada/Jantung (Heart Cakhra) atau Anahata Chakkra, berada di atas hati yang merupakan sumber atau pysat emosi, cinta kasih, kedamaian, keyakinan dan simpati.
  5. Cakra Tenggorokan (Throat Chakra) atau Visudha Chakkra, berada di atas pangkal leher yang akan mempengaruhi panca indera seseorang, kemampuan berkomunikasi dan kreativitas.
  6. Cakra Dahi/Mata Ketiga (Third Eye Chakra) atau Ajna Chakkra, berada di antara kedua alis dan berada di dalam/di tengah-tengah kepala yang menjadi sumber kekuatan mata bathin/pewaskitaa, control pikiran, inspirasi maupun kreativitas.
  7. Cakra Mahkota (Crown Chakra) atau Sahsrara Chakkra, yang berada kira-kira 2 inchi di atas ubun-ubun yang berpengaruh pada tingkat spiritual, sifat-sifat dan intuisi yang berhubungan dengan ke Tuhan-an.

Selanjutnya tujuh Chakra Besar berfungsi sebagai 7 pusat pusaran energy dan kantung energy yang mempunyai daya dan kekuatannya masing-masing untuk mendistribusikan energy melalui ratusan sub-chakra atau cakra minor (365 sub-chakra) dan tujuh puluh dua ribu meridian yang berada dalam tubuh manusia yang pada akhirnya dapat membangkitkan medan energy keluar dari tubuh manusia yang lazim disebut AURA, dengan 7 lapis pancaran pelangi warna aura dari 7 Chakra Utama.

Semakin kuat energy yang didistribusikan oleh 7 Chakra Utama maka akan semakin kuat pancaran aura seseorang dan dapat dipastikan bahwa kondisi kesehatan orang tersebut dalam kondisi yang sangat prima.

Chakra berhubungan dengan Kesehatan dan Emosi seseorang, semaki bersih dan cepat chakra itu berputar, kondisi kesehatan semakin baik, begitu juga sebaliknya. Sumber: Cakra Prana Nusantara

Kutipan diatas menjelaskan tentang chakra-chakra dalam tubuh halus atau tubuh etheric manusia sedangkan yang ingin kita bahas adalah chakra-chakra yang ada di Bumi. Bumi kita bukan benda mati. Planet ini adalah mahluk hidup organik raksasa dan semua mahluk hidup mempunyai vortex / chakra ini. Hanya mahluk hiduplah yang dapat menunjang dan memfasilitasi kehidupan lain. Benda mati tidak bisa melakukannya sob :)

Inilah bagan chakra mayor atau chakra besar di tubuh etheric manusia:

Perlu sobat ingat: chakra tidak berada di dalam tubuh fisik manusia. Di dalam tubuh fisik sobat ada perangkat/organ-organ fisik tubuh. Nah tubuh halus sobat juga memiliki perangkat / organ tubuh halus. Itulah chakra. Dimensi chakra tumpang tindih dengan dimensi fisik sehingga di bagan ini seolah-olah chakra berada di dalam tubuh fisik kita padahal sebenarnya tidak. Jika disebut chakra perut bukan berarti chakra itu ada di perut sobat, tapi dimensinya yang tumpang tindih dengan daerah perut sobat sehingga penamaan chakra itu disesuaikan dengan daerah tubuh yang tumpang tindih dengan chakra tersebut

dan inilah bagan chakra di planet Bumi kita:

Seperti manusia dan mahluk hidup lainnya, Bumi juga mempunyai ‘tubuh halus’ (Earth Astral Plane). Chakra-chakra bumi mewakili pusat-pusat energi besar yang dimensinya tumpang tindih dengan daerah-daerah tertentu di Bumi

Ayo kita mulai mengintip di mana saja chakra-chakra Bumi berada:

Chakra Dasar Bumi: Mount Shasta – California, USA

Chakra Seks Bumi: Lake Titicaca – Peru

Chakra Solar Plexus Bumi: Uluru (Ayers Rock) dan Kata Tjuta (Mount Olga) – Australia

Uluru

Kata Tjuta

Chakra Jantung Bumi: Glastonbury – Inggris

Chakra Tenggorokan Bumi: Mount Sinai – Mesir

Untuk chakra mata ketiga Bumi: Kuh-e Malek Siah Mountain di Iran, gue tidak dapat menemukan gambarnya. Ada yang mau mencarikan?

Chakra Mahkota Bumi: Mount Kailash – Tibet

Selain mempunyai chakra mayor, Bumi kita juga mempunyai chakra kecil/minor.

Di mana saja? Ayo kita intip:

Haleakala Crater – Hawaii

Mount Fuji – Japan

Table Mountain – Cape Town (South Africa)

Banff – Canada (ini gambar Bow Lake di Banff)

masih di Banff (yang ini Mt. Rundle)

Bali – Indonesia

Masih di Bali (2 gambar ini berlokasi di Tanah Lot)

Gobi Desert – Mongolia

Niagara Falls

High Atlas – Marocco

High Tatra – Slovakia & Poland

Mount Kilimanjaro – Tanzania (East Africa)

Mt. Olives – Jerusalem

Altay Mountains (Russia, China, Mongolia dan Kazakhstan)

Belukha Mountain, puncak tertinggi dari Pegunungan Altay, yang ini letaknya di Mongolia

Arunachala Shiva, Tamil Nadu – India

Rishikesh, India

Lantau Island – Hongkong

Palenque – Mexico

El Arbol de Tule (Tree of Life) – is a very large tree located in the church grounds in the town center of Santa María del Tule in the Mexican state of Oaxaca

Lake Rotopounamu – New Zealand

dan seperti chakra manusia yang bisa kotor dan rusak, chakra Bumi juga bisa mengalami hal yang demikian sob. Inilah yang terjadi pada beberapa titik di Bumi seperti: Segitiga Bermuda (Bermuda Triangle), Laut Setan (Devil’s Sea Triangle atau Formosa Triangle di dekat pulau Iwo Jima, Jepang), Karachi – Pakistan, Hamakulla – Hawai, dll.

0 komentar:

Posting Komentar