Manfaat Berlipat Olahraga Keluarga (1)

Manfaat berlipat ganda bisa diraih lewat olahraga bersama keluarga. Ayo, mulai dari sekarang!

Memanfaatkan akhir minggu dengan berolahraga? Kenapa tidak! Selain memelihara kebugaran, olahraga bersama juga bisa meningkatkan kerharmonisan keluarga. Menurut praktisi sport therapy, dr. Michael Triangto, SpKO dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, olahraga adalah sarana bagi anak untuk mengasah kemampuan olah tubuhnya. Yuk, kita intip apa saja olah raga yang baik untuk keluarga.

JOGGING Olahraga sederhana berupa lari ringan yang mudah dilakukan kelompok usia berapa saja dan mampu melatih otot-otot besar di tubuh.

Manfaat

Otot besar pada tungkai atas dan tungkai bawah banyak digunakan. Jadi, bokong, paha, dan betis, semua berkontraksi. Tambahan ayunan pada tangan dan badan berdampak pada otot bagian perut.

Melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan menstimulus sistem kolateral darah. Melakukan jogging secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Bagi anak, jogging meningkatkan keterampilan tubuh seperti berlari, melompat dan melempar.

Melakukan jogging dengan kecepatan sedang (sekitar 5 MPH) mampu membakar 500 kalori per jam. Selain itu, daya tolak tubuh yang dipengaruhi berat badan saat jogging memberi efek kontraksi otot yang maksimal.

Dengan jogging, nilai kebersamaan meningkat sebab fleksibilitas orangtua dalam mempertahankan posisi dan jarak dengan anak relatif stabil.

Tips: Istirahat ketika bicara sudah terengah-engah dan lelah, dengan memperlambat kecepatan berlari atau bergerak di tempat.

Sebaiknya orangtua aktif bergerak tanpa berhenti dengan mengikuti atau mengitari anak.

Gunakan sepatu yang bereflektor, untuk menghindari kecelakaan, apalagi bila jogging dilakukan di pagi buta. Pastikan memakai running shoe yang lebih fleksibel dan ringan agar nyaman. Pakai kostum yang lebih terbuka atau menyerap keringat.

Perhatian Anak-anak yang terlalu muda, orang dengan obesitas, cedera lutut, dan lanjut usia, tidak disarankan untuk olahraga ini.

YOGA

Yoga adalah olahraga muscle endurance yang sangat efektif bagi pembentukan seluruh tubuh. Namun, bagi orang obesitas atau kurang terlatih, yoga akan jadi kurang maksimal.

Manfaat Yoga Yoga mampu membakar 200 hingga 360 kalori per jam jika dilakukan dengan benar. Untuk gerakan yang lebih ahli, yoga bisa membakar kalori lebih besar lagi.

Inti gerakan yoga adalah memaksimalkan kontraksi banyak otot dalam durasi gerakan yang panjang sehingga yoga adalah olahraga muscle endurance yang paling baik.

Dari sisi pembentukan, yoga efektif pada orang yang terlatih.

Nilai kebersamaan yoga lebih berkualitas daripada fitness karena melibatkan ketenangan dan konsentrasi.

Tips: Lakukan pemanasan yang cukup, sesuai gerakan inti yang akan dilakukan.

Gunakan pakaian yang nyaman, misalnya menggunakan pakaian senam yang lebih panjang.

0 komentar:

Poskan Komentar