Bugar dengan Stott Pilates (2)

Gerakan Head Nod Stott Pilates

Anggukan Kepala (Head nod) Ambil posisi tidur seperti akan sit up. Tundukkan kepala dengan posisi dagu mendekat ke arah dada. Jaga jarak antara dagu dan dada sekitar satu kepalan tangan. Pandangan mata lurus ke bawah. Tahan, tapi otot leher jangan sampai tegang. Ini adalah persiapan untuk melakukan latihan perut (ab prep). Latihan Persiapan Perut (Ab prep) Pada posisi head nod, tangan lurus di samping badan, kaki ditekuk seperti posisi pelvis netral. Pertahankan pandangan tetap lurus ke lutut hingga selesai melakukan seluruh gerakan secara sempurna.

Tarik napas melalui hidung, tahan sebentar. Buang napas perlahan lewat mulut sambil mengangkat kepala dan bahu. Angkat tangan sejajar panggul, jari-jari tetap lurus dan panggul netral. Tarik napas melalui hidung pada posisi ini, tahan sebentar. Buang napas perlahan lewat mulut sambil bergerak turun kembali. Lakukan gerakan ini 10 kali untuk melatih otot perut. Latihan Perut Samping (Side Bend) Ambil posisi duduk bersila dan tangan relaks di samping badan. Tarik napas melalui hidung sambil angkat tangan kanan ke samping telinga hingga lurus ke atas. Usahakan agar bahu tak ikut berkontraksi atau tegang.

Buang napas lewat mulut sambil gerakkan tubuh ke sisi kiri hingga membentuk lengkungan di pinggang kiri. Rasakan otot perut samping kiri memendek dan otot samping kanan memanjang. Tarik napas sambil membawa badan kembali ke posisi vertikal. Jangan lupa menahan posisi tangan tetap di sisi telinga. Buang napas sambil turunkan tangan ke sisi badan lagi dalam posisi relaks. Ulangi untuk sisi yang kanan. Lakukan gerakan ini 3 sampai 5 kali untuk melatih otot tubuh bagian samping.

0 komentar:

Poskan Komentar