4 Gerakan Dasar Taebo (1)

Membentuk otot kembali kencang sekaligus berlatih bela diri? Tentu bisa! Salah satu caranya adalah latihan Taebo.

Taebo bukan hanya memperindah bentuk tubuh namun dapat digunakan untuk membela diri. Gerakan-gerakan meninju dan menendang yang dilakukan dengan iringan musik yang hip ini, memang banyak menggunakan otot gerak tubuh secara maksimal.

Di bawah bimbingan instruktur Taebo, latihan yang mirip dengan aerobik ini pun maksimal mengencangkan bentuk otot-otot tubuh (otot bahu, lengan dan paha).

Coba saja kombinasikan beberapa gerakan berikut dalam satu paket latihan berdurasi 20 hingga 30 menit

Front Elbow Strike

Ambil posisi ready stance dengan posisi kepalan tangan di depan rahang. Lakukan gerakan seperti hook punch namun lebih berputar sehingga fokus memukul wajah atau rahang lawan dengan siku.

Saat memukul, pertahankan pinggul dan bahu tetap dalam satu garis lurus. Sertai dengan menekuk lutut sedikit agar badan berayun lebih harmoni.

Lakukan 2 kali 8 repetisi (kanan-kiri bergantian) atau kombinasikan dengan gerakan lain.

Perhatikan: Agar tenaga maksimal, saat melakukan pukulan dibarengi dengan memutar perut beserta pinggul.

Foto: Ahmad Fadilah

Straight Punch/ Jab

Berdiri dengan kaki terbuka selebar panggul (ready stance ), posisi tangan mengepal di depan rahang. Ayunkan kepalan tangan lurus ke depan sembari memutar bahu. Fokus pada target lurus di depan.

Lakukan 2 kali 8 repetisi (kanan-kiri bergantian) atau kombinasikan dengan gerakan lain.

Perhatikan: Saat meninju, siku jangan dikunci dan posisi bahu tetap netral. Angkat salah satu tumit kaki saat berayun atau memutar panggul.

Upward Elbow Strike

Ambil posisi kuda-kuda (horse stance ) dengan kepalan tinju di depan rahang. Lakukan gerakan seperti uppercut punch namun lebih diputar sehingga fokus memukul perut, dagu dan jantung dengan siku.

Lutut sedikit berayun mengikuti ayunan tinju ke atas.

Lakukan 2 kali 8 repetisi (kanan-kiri bergantian) atau kombinasikan dengan gerakan lain.

Perhatikan: Tenaga lebih fokus berasal dari tulang sayap dan pinggul.

Hook Punch

Ambil posisi ready stance , kepalkan tangan di depan rahang. Usahakan bahu dan pinggul sejajar. Kemudian lepaskan pukulan mengait dari arah samping ke rahang lawan, sembari memutar bahu. Lakukan 2 kali 8 repetisi (kanan-kiri bergantian) atau kombinasikan dengan gerakan lain.

Perhatikan: Saat meninju upayakan bahu, siku dan pergelangan tangan tetap dalam satu garis lurus. Angkat salah satu tumit kaki saat berayun atau memutar panggul.

0 komentar:

Poskan Komentar